Kamis, 15 Desember 2016

Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal

Selamat datang di blog kesehatan kami, kali ini kami akan membahas Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal yang harus anda ketahui. Simak sampai selesai iya gan..

Sekilas Menganai Batu Ginjal


Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu berbentuk didalam ginjal .Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah didalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.
Gejala akibat batu ginjal bisa terasa jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter. Batu yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga menyebabkan iritasi dan bahkan luka.Oleh sebab itu,urine kadang bisa mengandung darah.Gejala batu ginjal yang bisamuncul apabila batu bergesekan dengan ureter diantarantya adalah nyeri pada pinggang,perut bagian bawah atau samping,dan selangkangan yang dapat disertai mual.
Sedangkan gejala yang dirasakan jika penderita batu ginjal mengalami infeksi ginjal diantaranya urine tampak keruh dan berbau tidak sedap,badan lemas,menggigil dan demam tinggi.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal


1. Batasi Makanan Yang mengandung Oksalat
Sebaiknya makanan yang mengandung oksalat perlu dibatasi bagi Anda yang penderita batu ginjal, hal ini karena oksalat atau asam satuan COO2 ini dapat mudah membentuk kristal yang menjadi terbentuknya batu ginjal. atau jika ingin mengkonsumsinya tidak boleh lebih dari 50mg perhari. Adapun makanan dan minuman yang banyak mengandung oksalat antara lain : strawberry, bayam, teh, biji-bijian, cokelat gandum.
2. Kurangi asupan kalsium
Umumnya tubuh hanya menyerap kalsium yang dibutuhkan, jika kalsium pada tubuh berlebih, maka kelebihan tersebut akan di buang bersama air seni melalui ginjal. ada baiknya mulai saat ini Anda bisa membatasi asupan kalsium tidak lebih dari 800mg perhari. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain seperti sayuran hijau, dan olahan susu.
3. Membatasi makanan yang mengandung vitamin C
Vitamin C memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun hal ini tidak berlaku untuk penderita batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal sebaiknya dapat membatasi asupan vitamin C, sebab hasil dari metabolisme vitamin C dapat membentuk oksalat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika oksalat tidak baik untuk penderita batu ginjal. Umumnya kandungan vitamin C terdapat pada buah jeruk.
4. Kurangi Makanan Yang mengandung banyak garam
Makanan pantangan batu ginjal adalah makanan yang banyak mengandung garam, hal ini karena garam dapat memicu batu ginjal semakin membesar, sebaiknya Anda mulai sekarang membatasi garam maksimal 3.500 mg perhari.

Demikianlah beberapa pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita semoga bermanfaat. Namun, jika anda seseorang yang sudah menderita penyakit batu ginjal disini kami juga akan rekomendasikan obat batu ginjal alami yang pastinya aman jika dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Info lebih lanjut klik disini

Posted By: Semut Sewot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar