Jumat, 16 Desember 2016

Makanan Yang Sehat Bagi Penderita Batu Ginjal

Mungkin kamu adalah seseorang yang sedang mengidap penyakit batu ginjal, dan sedang bingung mencari makanan apa saja yang bagus untuk kamu konsumsi. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagai informasi mengenai Makanan yang sehat bagi penderita batu ginjal yang mungkin bermanfaat bagi kamu.

Apa itu batu ginjal? Batu ginjal atau nephrolithiasis adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak di derita oleh masyarakat indonesia. penyakit ini menyerang organ vital manusia yaitu ginjal.

Makanan Yang Sehat Bagi Penderita Batu Ginjal


  • Bayam
Penderita penyakit batu ginjal sangat disarankan untuk mengkonsumsi banyak makanan yang kaya akan magnesium. Pasien yang menderita batu ginjal sebaiknya mengkonsumsi jus bayam mentah setidaknya tiga kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan bayam sarat dengan zat besi, kalsium, kalium, seng, magnesium dan berbagai vitamin. Sehingga kebutuhan magnesium dapat terpenuhi.
  • Mentimun
Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, bahwa ekstrak buah mentimun diyakini memiliki kandungan yang bagus untuk mempercepat proses pelarutan batu. Selain itu, mentimun juga diduga mampu mengurangi pembentukan batu ginjal.
  • Kentang
Kentang tua yang baik itu sangat memiliki manfaat yang bagus untuk pasien batu ginjal. Selain itu, perbanyaklah konsumsi air setelah makan kentang. Akan tetapi bagi kamu yang menderita penyakit diabetes, alangkah baiknya untuk tidak melakukan hal ini.
  • Melon
Perbanyaklah konsumsi melon setiap hari. Karena melon memiliki khasiat mampu membantu memecahkan batu ginjal yang terekskresi melalui urine.
  • Apel
Apel juga sangat kaya akan khasiat yang bagus untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk penderita penyakit batu ginjal. Konsumsi rutin 2 buah apel segar setiap hari, maka kamu akan merasakan khasiatnya.
  • Semangka
Apakah kamu termasuk orang yang sangat sulit untuk minum? Maka perbanyaklah konsumsi buah semangka. Karena semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan air. Dengan konsumsi semangka sebanyak 300-500 gr per hari, maka kamu akan merasakan khasiatnya yaitu, memudahkan batu ginjal luruh dari dalam saluran kemih serta akan membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa rasa sakit.

Baca juga artikel lainnya :
  1. Cara Mengobati Batu Ginjal
  2. Pantangan Makanan Bagi Penderita Batu Ginjal

Itulah informasi mengenai Makanan Yang Sehat Bagi Penderita Batu Ginjal yang dapat kami sampaikan. Semoga saja informasi tersebut dapat bermanfaat untuk semuanya. 

Posted By: Semut Sewot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar