Kamis, 08 Desember 2016

Makanan Yang Buruk Untuk Penderita Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena darah tinggi, tanpa mengukur tekanan darah.
Apabila kita mengidap penyakit darah tinggi pasti ada jenis makanan yang tidak boleh dimakan. dan jika dilanggar akan membuat darah tinggi semakin parah. dari mulai buah, sayur dan dan lainnya. penyakit darah tinggi adalah penyakit yang akan dialami oleh orang yang tidak bisa menjaga pola serta asupan makannya dengan baik.

Makanan Yang Buruk Untuk Penderita Darah Tinggi

Banyak makanan buruk untuk dikonsumsi penderita penyakit darah tinggi, dan berikut adalah makanan-makanan yang buruk bagi penderita darah tinggi, seperti :

  • Makanan olahan

Semua jenis makanan yang berasal dari daging olahan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Misalnya masakan yang dimakan dengan cara diasap, pengasinan atau dengan penambahan bahan pengawet kimia adalah makanan yang masuk dalam kategori daging olahan. Contoh jenis makanan seperti ini adalah makanan sosis, ham dan dendeng. Sebab makanan jenis ini umumnya memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi yaitu 1200mg natrium dalam tiap satu porsinya.
  •  Makanan dalam kaleng, termasuk buah kaleng

Buah memang makanan sehat, akan tetapi tidak dengan buah dalam kemasan kalengan. Anda harus menghindari semua jenis makanan dalam kaleng jika ingin penyakit tekanan darah tinggi yang diderita tetap aman. Hal ini karena makanan yang diawetkan dan dikemas dalam kaleng memiliki kandungan sodium yang tinggi. Biasanya pengawetan makanan jenis ini dengan menambahkan banyak garam. 
  •  Saus tomat

Saus tomat juga merupakan jenis makanan yang dilarang penyakit darah tinggi untuk dikonsumsi. Dalam satu cangkir saus tomat terdapat 680 miligram sodium. Sedangkan ketika Anda menyantap spagheti dengan saus tomat maka kandungan sodiumnya akan semakin melimpah. Tentu hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan penderita penyakit tekanan darah tinggi.
  • Makanan yang banyak lemak

Sudah kita ketahui, makanan yang banyak mengandung lemak memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Asupan lemak yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan obesitas yang akhirnya menyebabkan komplikasi berbagai penyakit. Salah satu jenis penyakit yang bisa disebabkan akibat obesitas yaitu hipertensi akibat naiknya tekanan darah. Ketika tubuh semakin gemuk, maka lemak dapat menghambat pembuluh darah, akibatnya pembuluh darah semakin sempit dan tekanan darah menjadi naik.
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula

Umumnya jenis makanan manis dihindari oleh mereka yang terkena diabetes atau penyakit gula. Tapi Anda yang terkena penyakit tekanan darah tinggi juga harus mengurangi asupan makanan atau minuman yang manis. Seperti : Permen, kue basah, cokelat dan minuma manis lain tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Sebab makanan yang dilarang penyakit darah tinggi ini bisa memicu komplikasi penyakit lain.
Baca Juga : Makanan Yang Baik Untuk Penderita Darah Tinggi 
  •  Kafein
Kopi ini tidak cocok bagi penderita hipertensi atau penyakit darah tinggi. Hindari minuman kopi atau segala jenis makanan yang mengandung kafein jika Anda terkena serangan darah tinggi. Kafein bisa terdapat pada produk makanan seperti cokelat dan lainnya. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah sehingga penyakit tekanan darah tinggi semakin parah
Itulah beberapa daftar menu dan jenis makanan pantangan penderita darah tinggi yang sebaiknya di hindari. Sesungguhnya hidup sehat itu lebih indah!!!
Posted By: Semut Sewot

1 komentar: