Kamis, 27 Oktober 2016

Obesitas Dapat Menyebabkan Nyeri Sendi

Kenapa Obesitas dapat menyebakan Nyeri sendi? Berat badan yang tidak terkontrol membawa masalah pada kesehatan lutut. Seperti terungkap dari hasil temuan peneliti di Monash University Melbourne, Australia, orang yang cenderung gemuk memiliki risiko mengalami nyeri lutut. Tekanan berlebihan pada lutut setiap setengah kilogram berat badan dapat membebani lutut sampai 2,2 kg. Karena itu kelebihan berat badan sekitar 4,5 kg menambah beban tidak sedikit bagi lutut. Dan bisa meningkatkan risiko masalah lutut menahun seperti osteoartritis, yakni ketika keadaan tulang rawan pada sendi lutut mulai memburuk.


Pengaruh Obesitas terhadap Osteoartritis (Nyeri Lutut)

Osteoartritis (OA) merupakan penyakit sendi yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Penyakit ini menyebabkan nyeri dan disabilitas pada penderitanya sehingga dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. OA ini menyerang penderita berusia lanjut pada sendi-sendi penopang berat badan, terutama sendi lutut, panggul (koksa), lumbal, dan sevikal. Obesitas menyebabkan tekanan ekstra pada tulang dan sendi. akibatnya, obesitas ini meningkatkan risiko terjadinya osteoartritis. Obesitas maupun overweight secara langsung berdampak pada ketahanan sendi, khusunya pada lutut.
Suatu studi menyebutkan bahwa osteoartritis lutut terjadi pada 4 hingga 5 kali lebih sering pada orang dengan kelebihan berat badan dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal. Sewaktu berjalan terdapat peningkatan tekanan sebesar 3 hingga 6 kali lebih banyak pada orang dengan berat badan yang berlebih. Dengan kata lain, menjadi overweight 10 pound akan meningkatkan tekanan pada lutut sebesar 30 hingga 60 pound pada setiap langkah selama berjalan. Sedangkan efek pada anak adalah cenderung berisiko meningkatkan gangguan ortopedik, yaitu torsi tibial dan kaki pengkar, tergelincirnya epifisis kaput femoris (slipped capital femoral epiphysis) terutama pada anak laki-laki dan gejala tekanan berat badan pada persendian di ekstremitas bawah.
Faktor yang dapat meningaktkan risiko terjadinya nyeri lutut, adalah berkurangnya kekuatan otot yang berperan penting dalam terjadinya cidera lutut.
Otot-otot yang lemah di sekitar sendi tidak mampu menopang beban sendi, dikarenakan tidak memiliki kemampuan dalam menyerap beban tubuh yang selanjutnya mengakibatkan stress pada persendian termasuk sendi lutut.
Riwayat cidera lutut juga memunculkan risiko serupa karena seseorang yang pernah mengalami cidera pada lutut akan memperbesar risiko cidera kembali terulang.

Itulah sekilas alasan mengapa orang kelebihan berat badan/obesitas bisa penyebakan nyeri sendi. Dan kali ini Semut Sewot akan rekomondasikan Obat Herbal Nyeri Lutut dan Sendi dari Ekstrak Teripang emas yang bisa menyebuhkan masalah persendiaan anda dengan cepat tanpa efek samping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar